Sejarah Toyota Land Cruiser 1951-2022 dan penjelasan fitur lengkap terbaru

Sejarah Toyota Land Cruiser

Otojatim.com - Sejak awal kehadirannya lebih dari 70 tahun lalu, Land Cruiser telah membawa aura mobil yang tangguh dan siap menghadapi berbagai medan jalan. Salah satu mobil SUV Toyota ini telah telah memiliki lebih dari 10 seri. Sehingga tak heran jika mobil ini disebut sebagai mobil bersejarah di dunia.

Hadir sejak tahun 1951, Toyota Land Cruiser dikenal memiliki reputasi yang solid perihal Kualitas, Daya Tahan, dan Keandalan (Quality, Durability, and Reliability/QDR). Sehingga menuai banyak pujian dan diandalkan diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Dan saat ini and Cruiser telah digunakan oleh pelanggan di lebih dari 170 negara dengan total volume produksi komulatif 10,4 juta unit, dan volume produksi tahunan lebih dari 300.000 unit.

Toyota Land Cruiser 300 Indonesia (2022)

Ketangguhan dan keandalan Toyota Land Cruiser pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1960 melalui FJ40. Toyota Land Cruiser 40 Series ini menjadi salah satu model yang paling digemari oleh pasar di Indonesia sampai saat ini. Karena ketangguhannya, perawatan yang mudah, sampai ketersediaan suku cadangnya sampai saat ini masih bisa didapat.

Perjalanan panjang sejarah Land Cruiser menghadirkan berbagai seri yang dipercaya mampu menaklukan berbagai medan jalan.

Setelah 40 Series, Toyota Land Cruiser 80 Series juga hadir di Indonesia pada tahun 1995 dan sempat mendulang sukses untuk penjualannya. Karena 80 Series bisa dikategorikan sebagai SUV Premium yang serbaguna.

Penampilan yang gagah dengan unsur kemewahan seperti power steering, power window, A/C, hingga opsi transmisi otomatis untuk tipe VX-R membuat 80 Series banyak diburu di segmen SUV Premium.

Tahun 2007 menjadi tahun hadirnya generasi Land Cruiser 200. Mobil Seri ini memiliki citra yang kuat sebagai SUV mewah dengan sentuhan berbagai fitur off-road modern namun tetap memiliki DNA Land Cruiser yang tangguh dan dapat menaklukan berbagai medan jalan.

Dan untuk melanjutkan generasi Land Cruiser, tahun 2021 lalu Toyota meluncurkan secara global All New Land Cruiser 300, banyak fans SUV legendaris ini menyambutnya dengan penuh antusias. Begitu juga dengan di Indonesia. Karena akhirnya setelah 14 tahun, TLC sapaan akrabnya, hadir di Indonesia pada Januari 2022, dengan desain yang lebih tangguh dan berkelas.

All New Land Cruiser juga mengadopsi platform TNGA dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih, sehingga semakin memperkuat DNA Land Cruiser.

Pembagian Segmen Land Cruiser
  • Heavy Duty: BJ – 20 – 40 – 70
  • Station Wagon: 50 – 60 – 80 – 100 – 200 – 300
  • Light Duty (Prado): 70 – 90 – 120 – 150
Sejarah Toyota Land Cruiser Dari Generasi Ke Generasi
Berikut ini adalah sejarah perjalanan Toyota Land Cruiser sejak awal kelahirannya sampai generasi terbaru:

Toyota BJ (Agustus 1951 – Januari 1956)
Awal mula hadirnya Land Cruiser ketika Toyota mendemonstrasikan sebuah mobil berkemampuan tinggi yang dikenal sebagai Toyota BJ. Mobil ini di tes pertama kali dengan mendaki ke tingkat keenam Gunung Fuji, Jepang dengan ketinggian 3.775 m dan menjadi mobil pertama yang berhasil sampai tingkat tersebut. Dari situ identitas ketangguhan Land Cruiser yang dapat melintas berbagai medan pun mulai terbentuk.

Land Cruiser 20 Series (November 1955 – Desember 1959)
Selang 4 (empat) tahun, Land Cruiser seri Kode 20 hadir. Berbagai pengembangan tampilan dari sebelumnya mulai terlihat. Tampilan mobil telah diperhalus mengingat kebutuhannya untuk kendaraan 4x4 sipil.

Land Cruiser 20 Series mulai diperkenalkan ke pasar Amerika Serikat yang dikenal sangat ketat dan menuntut kualitas terbaik. Land Cruiser berhasil membuktikan reputasi di sektor QDR dan namanya mulai dikenal baik di dunia.

Land Cruiser 40 Series (Agustus 1960 – Oktober 1986)
Bulan Agustus 1960, generasi ke-3 Toyota Land Cruiser hadir dengan julukan Land Cruiser 40 Series. Seri ini menjadi model Land Cruiser paling populer dan melegenda sepanjang sejarah dengan masa produksi sangat panjang hingga tahun 1986. Seri ini juga yang membuat nama Land Cruiser dikenal secara global sebagai kendaraan Toyota 4x4 paling tangguh.

Milestone Land Cruiser mulai dicatat di tahun 1965 dengan produksi mencapai 50.000 unit dan dilanjutkan menembus angka 100.000 unit di tahun 1968. Hanya 4 tahun kemudian, penjualan FJ40, julukan akrabnya, melampaui 200.000 unit dan tembus 800.000 unit di tahun 1979, di mana Land Cruiser melakukan facelift pertama setelah 19 tahun lahir.

Tidak butuh waktu lama, penjualan Land Cruiser 40 Series melewati angka 1 juta unit di tahun 1980. FJ40 dan BJ40 menjadi salah satu collector item Toyota yang diburu oleh penggemarnya hingga ke pelosok wilayah, mengingat daya jelajah model ini yang begitu luas dan masa baktinya yang sangat lama.

Land Cruiser 50 Series (Agustus 1967 – Juli 1981)
Toyota menghadirkan Land Cruiser 40 Series ke dalam segmen Heavy Duty mengingat fungsionalitasnya di masa itu. Sementara, Toyota juga melihat peluang bahwa kendaraan jenis ini dapat dipakai di kalangan lebih luas yang tidak hanya butuh ketangguhan, tapi juga kenyamanan supaya dapat membawa anggota keluarga.

Land Cruiser 50 Series masuk ke dalam segmen Station Wagon dengan tampilan lebih bersahabat untuk dipakai di dalam kota. Model ini hadir dengan peningkatan kenyamanan tanpa mengurangi kemampuan di medan berat sebagai DNA yang bertahan hingga sekarang.

Land Cruiser 60 Series (Agustus 1980 – Januari 1990)
Secara resmi model station wagon memiliki varian mandiri dengan diciptakannya Seri 60 di tahun 1980. Menggunakan all new platform, membuat Toyota dapat meningkatkan kenyamanan berkendara bermodalkan fitur terbaik di masanya.

Secara menyeluruh tampilannya sudah berubah drastis dan bisa diterima oleh kalangan yang lebih luas, seperti warga perkotaan yang ingin bersantai di pantai atau pegunungan. Genre pengguna seperti ini yang memperkuat pamor TLC sambil tetap menjaga reputasinya.

Land Cruiser 70 Series (November 1984 – Sekarang)
Tidak melupakan DNA sebagai heavy duty vehicle, Land Cruiser 70 hadir di tahun 1984 untuk meneruskan Seri 40 yang telah dijual selama lebih dari 20 tahun. Tahun 1985, Seri 70 bertransformasi dengan menghadirkan model light duty yang sebagai generasi awal Prado. Hingga kini Seri 70 tetap dijual untuk kebutuhan fleet.

Land Cruiser 80 Series (Oktober 1989 – Januari 1998)
Disiapkan sebagai penerus Land Cruiser 60 di tahun 1988, Land Cruiser 80 merupakan wujud transformasi Land Cruiser dari sebuah off-roader tangguh menjadi ikon SUV mewah dan berkelas.

Desain luar begitu modern dan atraktif di eranya, dengan dimensi besar untuk bermain di pasar Amerika Serikat dan Australia yang membutuhkan SUV besar dan powerful. Land Cruiser 80 berhasil memikat pecinta SUV di seluruh dunia berkat ketangguhan dan performanya di segala medan jalan, bahkan di kondisi alam yang sangat keras seperti di Timur Tengah yang banyak gurun pasir dan Amerika Selatan yang diselimuti oleh hutan tropis lebat.

Land Cruiser 90 Series (Mei 1996 – Oktober 2002)
Land Cruiser 90 merupakan generasi kedua Prado yang dirilis pada bulan Mei 1996. Garis desain Land Cruiser Prado mengarah ke kendaraan 4WD yang lebih berorientasi pada penumpang dengan postur tubuh lebih kecil yang juga dilengkapi mesin yang lebih kecil.

Prado merupakan anggota keluarga Land Cruiser pertama yang mengadopsi suspensi independen di depan bermodalkan sistem double wishbone dan pegas koil independen serta pegas koil 4 link dengan batang lateral di belakang.

Land Cruiser 100 Series (Januari 1998 – Agustus 2007)
Dirilis pada Januari 1998, Seri 100 meningkatkan kinerja dasar penggerak 4 roda dan mengangkat citra prestisius Toyota Land Cruiser sebagai kendaraan 4WD mewah. Bodi station wagon 5 pintu mempertahankan ladder frame yang kokoh, sedangkan dimensi bodi diperluas untuk meningkatkan ukuran kabin.

Suspensi depan telah mengaplikasikan desain independen yang lebih fleksibel sehingga mampu menerjang berbagai kondisi jalan. Model VX Limited sebagai flagship menawarkan perangkat baru yang menggabungkan Active Height Control (AHC) dengan Skyhook TEMS. Pada bulan Desember 1998, model lebih mewah Cygnus diperkenalkan.

Land Cruiser 120 Series (Oktober 2002 – Agustus 2009)
Rilis di bulan Oktober 2002, Prado generasi ke-3 ini mengadopsi newly designed highrigidity frame. Rangka dengan kekakuan tinggi memberikan peningkatan kemampuan manuver, stabilitas kendaraan, dan ketenangan di dalam mobil.

Unit Torsen LSD pada diferensial tengah meningkatkan kinerja on-road dan off-road. Sistem kontrol traksi aktif dapat melakukan penyesuaian pada kondisi berkendara menanjak atau menurun untuk meningkatkan kemampuan off-road.

Land Cruiser 150 Series (September 2009 – Sekarang)
Model ini lahir sebagai generasi ke-4 Prado. Mesin dan suspensi tidak berubah, serta fitur baru Crawl Control System memfasilitasi mengemudi dengan kecepatan sangat rendah di medan off-road yang sulit, ditambah Multi-Terrain Select System dapat mengoptimalkan pengaturan penggerak untuk kondisi off-road tertentu.

Kekakuan bodi juga ditingkatkan untuk bisa menaklukan berbagai medan berat meskipun sangat mumpuni saat menjelajah jalan perkotaan dan antar kota.

Land Cruiser 200 Series (September 2007 – 2021)
Land Cruiser 200 diluncurkan pada September 2007, tepat di momen penjualan TLC menembus 5,5 juta unit secara global. Mengadopsi struktur rangka terpisah yang didesain ulang, Land Cruiser 200 Series menampilkan peningkatan kekakuan, daya tahan, keamanan tabrakan, dan kenyamanan interior.

Fitur Crawl Control sebagai yang pertama di dunia sanggup mempertahankan kecepatan yang sangat rendah saat berkendara di permukaan kasar seperti batu, pasir atau di bukit yang curam secara otomatis.

Transfer case baru yang diberi nama Torsen LSD dapat mengubah distribusi tenaga penggerak agar sesuai dengan kondisi jalan guna menghadirkan kinerja berkendara yang mulus dan stabil secara instan.

All New Land Cruiser (2022)
All New Land Cruiser meneruskan misi "Striving to deliver safety and security to all customers as well as others involved with this vehicle” yang dipegang teguh olehnya selama 70 tahun.

Toyota semakin memperkuat portfolio Land Cruiser sebagai mobil yang berpegangan pada Quality, Durability and Reliability (QDR) sejalan dengan peningkatan kinerja off-road dan on-road untuk memastikan pengemudi merasa nyaman dan aman di berbagai medan jalan.

Brosur Toyota Land Cruiser 300 (2022)

Secara global, Land Cruiser diluncurkan pada Agustus 1951. Sedangkan di Indonesia, Land Cruiser diluncurkan pada 1960 melalui FJ40 yang menjadi salah satu pionir hadirnya SUV Toyota di Indonesia.

Sejak saat itu, mulailah perjalanan Land Cruiser yang dinobatkan sebagai kendaraan yang dapat diandalkan, memiliki daya tahan tinggi, dan menghasilkan performa off-road yang maksimal, dengan membawa misi “a vehicle that promises to take you anywhere & everywhere and come back alive and safe” yang membuat Land Cruiser dipercaya dari generasi ke generasi karena memiliki peran penting dalam mendukung kehidupan dan mobilitas masyarakat.

Dipercaya sebagai mobil yang mampu menghadapi berbagai tantangan, menjadikan banyak lokasi di lokasi di dunia yang hanya bisa dilalui oleh Toyota Land Cruiser sehingga membuatnya kian dicari, bahkan model tertentu seperti Land Cruiser 40 Series atau FJ40 menjadi salah satu collector item.

Reputasi Land Cruiser terjaga dengan baik dan pengalaman berharga pelanggan di seluruh dunia menempanya untuk selalu menghadirkan model yang tangguh, andal, dan tahan lama.

Selain ditempa selama lebih dari 70 tahun oleh banyak pelanggan di seluruh dunia, PT Toyota-Astra Motor menghadirkan generasi terbaru dari Land Cruiser yang tampil dengan desain yang lebih tangguh dan berkelas, serta membawa berbagai teknologi canggih dengan tetap mempertahankan jati diri Land Cruiser sebagai kendaraan yang kuat dan dapat diandlkan di berbagai medan jalan.

Di Indonesia sendiri, All New Land Cruiser yang dikenal sebagai Premium SUV ini hadir dengan 2 tipe yaitu All New Land Cruiser VX-R untuk pengguna yang menyukai citarasa berkelas, serta All New Land Cruiser GR Sport sebagai flagship bagi pecinta sporty car.

Partisipasi Toyota di kompetisi balap melalui TOYOTA GAZOO Racing turut membentuk karakter Land Cruiser. Mobil ini diciptakan berdasarkan pengalaman yang didapatkan oleh tim balap TOYOTA GAZOO Racing di berbagai ajang balap dunia, khususnya di ajang Reli Dakar. Melalui DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing, All New Land Cruiser GR Sport dihadirkan.

Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah SUV yang tidak hanya berkemampuan tinggi, tapi juga mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

All New Land Cruiser dikembangkan dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang di desain untuk mempertahankan kemampuan off-road yang terbukti andal dan meningkatkan performa di jalan raya melalui kekakuan bodi, kekuatan dan keseimbangan dinamis yang lebih baik.

Selain itu, platform ini juga menjadi pondasi untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara, serta memperkenalkan teknologi dan desain baru.

Desain Eksterior dan Interior pada All New Land Cruiser
All New Land Cruiser hadir dengan desain eksterior dan interior yang lebih tangguh dan berkelas. Toyota memastikan terwujudnya tampilan ‘brutal’ dan sensual, namun tetap terjaga wibawanya dan tidak kehilangan aura mewahnya.

Garis desain All New Land Cruiser yang tegas dan powerful, namun begitu simpel dan apik sebagai penanda kelasnya sebagai SUV tangguh, kokoh, sekaligus canggih. Land Cruiser mengejar keindahan fungsional yang sejalan dengan DNA-nya sejak awal yang elegan dan berkelas.

Menempatkan kemampuan saat bermain off-road sebagai prioritas, Land Cruiser memiliki panjang 4.985 mm (VX-R), 4.965 (GR Sport), lebar 1.980 mm (VX-R) dan 1.990 mm (GR Sport), tinggi 1.945 mm, wheelbase 2.850 mm.

Untuk kemudahan melaju di medan berat, mobil ini memiliki approach angle 30 derajat, departure angle 25 derajat, dan break over angle 25 derajat. Land Cruiser juga memiliki kemampuan menanjak dengan kemiringan hingga 45 derajat, dengan kemiringan ke samping hingga 44 derajat, dan bisa menaiki halangan setinggi 640 mm pada satu sisi ban.

Konfigurasi di atas memastikan seluruh pengendara mampu melintasi medan sulit.

Dalam rangka memperingati ulang tahun Land Cruiser yang ke-70 di tahun 2021 lalu, sebagai symbol perayaan akan perjalanan panjang Land Cruiser selama ini, terdapat Exclusive 70th Anniversary Emblem pada sisi samping-belakang bodi dan pada door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi mewah.

Termasuk pada Floor Mat yang dipasang secara eksklusif dengan aksen border 70th Anniversary untuk menemani perjalanan bersejarah dengan All New Land Cruiser.

Mobil berjenis Premium SUV ini menyajikan kabin ekstra senyap dan lebih luas. Ditambah dengan balutan material kulit mewah. Khusus untuk tipe GR Sport tampilan interior di desain dengan kombinasi warna merah dan hitam yang menghasilkan aura sporty dan elegan.

Serta dilengkapi juga dengan tuas transmisi yang kokoh dan nyaman digenggam hadir dengan desain baru yang menghilangkan alur Gate-type atau zig-zag dan menggantinya dengan alur lurus untuk meningkatkan kenyamanan mengemudi.

Berlimpah Fitur Kenyamanan Berkendara
Masuk ke bagian dalam All New Land Cruiser, berbagai fitur kenyamanan disematkan pada mobil berjenis Premium SUV ini. New Expansive Luggage Room yang bisa memastikan seluruh barang bawaan dapat dimasukkan tanpa kendala.

Selain itu, Tipe VXR mendapatkan tambahan Power Back Door with Kick Sensor yang secara otomatis membuka pintu bagasi saat kaki mendekati sensor untuk mempermudah akses keluar masuk barang.

Mengemudikan mobil besar di jalan perkotaan yang padat bukanlah pekerjaan yang mudah, dan itu sangat terasa pada TLC 300.

New Digital Video Recorder memberikan kebebasan untuk merekam kondisi sekitar mobil sebagai dokumentasi perjalanan, sekaligus dapat dijadikan bukti ketika terlibat kecelakaan dan memantau mobil sebagai alat pengaman saat ditinggalkan.

New Wireless Charger memastikan penghuni kabin tidak perlu khawatir kehilangan jangkauan dengan dunia luar tanpa perlu kabel penghubung saat mengisi baterai ponsel.

New Rear Seat Entertainment yang dapat terkoneksi dengan HDMI dan Miracast, serta monitor touch screen 11.6 inch yang ditempatkan di balik headrest demi meningkatkan kenyamanan penumpang.

Selain itu dilengkapi juga degan Electronic Parking Brake with Brake Hold untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan saat memarkir mobil.

Mesin Diesel Baru yang Bertenaga, Hemat BBM, dan Ramah Lingkungan
All New Land Cruiser memanfaatkan mesin diesel yang lebih kompak dengan keunggulan torsi yang lebih besar, hemat bakar, dan ramah lingkungan, yang memang sudah menjadi DNA Land Cruiser yang telah diwarisi sejak lama melalui seri FJ40. All New Land Cruiser kini mengadopsi mesin V6D twin turbo yang baru dikembangkan dengan kapasitas 3.346 cc untuk mencapai performa berkendara terdepan di kelasnya.

Dapur pacu berkode F33A-FTV milik TLC 300 sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘brutal’ 71,4 Kgm (700 Nm) pada 1.600 – 2.600 rpm.

Pengaplikasian mesin ini adalah untuk mencapai akselerasi yang diinginkan dan kontrol kendaraan yang lebih mudah. Mobil ini kini juga memanfaatkan transmisi 10-speed Direct Shift-10AT untuk menyalurkan tenaga mesin secara efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

Peningkatan efisiensi transmisi juga dilakukan dengan penggunaan teknik baru dalam pembuatan roda gigi transmisi untuk mengurangi koefisien gesek pada permukaannya saat beroperasi.

Pengembangan pada Suspensi All New Land Cruiser
Pemanfaatan platform TNGA memberikan kesempatan kepada engineer Toyota untuk meracik sistem suspensi terbaik pada All New Land Cruiser. Sudah teruji keandalannya, SUV gagah ini menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang yang menjaga pergerakan kendaraan di berbagai medan jalan secara konsisten dan seimbang.

Special untuk tipe GR Sport, tidak hanya menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang, All New Land Cruiser GR Sport juga memperoleh tambahan fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) atau New Stability Control, yang merupakan pertama di dunia, berfungsi untuk melakukan adaptasi secara otomatis berdasarkan kondisi jalan yang dilalui untuk menghasilkan pergerakan yang terbaik.

Sehingga mobil akan lebih mudah dikendalikan dan membuat pengemudi tidak mudah merasa lelah baik di on-road maupun off-road.

E-KDDS juga mengatur kontak ban dengan permukaan jalan selalu terjaga optimal dengan cara mengatur penguncian pada stabilizer. Sistemnya membebaskan ruang gerak stabilizer ketika melewati berbagai medan berat dengan ketinggian antar ban yang berbeda sehingga ban dapat bergerak secara lebih leluasa untuk memaksimalkan kontak dengan permukaan jalan.

New Adaptive Variable Suspension membantu mengurangi getaran yang timbul saat mobil melewati jalan kasar sehingga menambah keheningan dan kenyamanan kabin. Performa suspensi telah diuji oleh para pembalap yang berpengalaman di Reli Dakar untuk menciptakan sebuah SUV yang tidak hanya berkemampuan tinggi, tapi juga mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Fitur AWD Integrated Management (AIM) juga penting untuk mengintegrasikan kendali pada suspensi, rem, dan kemudi secara otomatis agar mendapatkan kenyamanan dan handling terbaik di jalan.

Fitur 4x4 Modern yang Tangguh dan Mudah Dioperasikan
Menempatkan kemampuan bermain off-road sebagai prioritas, fitur Auto-MTS (Multi Terrain Select) mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan jalan seperti berbatu, lumpur, berpasir, dan medan berat lainnya.

Turn Assist Function membantu pengemudi dalam mendapatkan sudut kemudi yang lebih baik saat merayap di jalan rusak dengan sudut belok sempit. Sistemnya juga mendukung Crawl Control yang dilengkapi dengan 5-speed selection dalam membantu pengemudi ketika melalui medan berpasir, kotor, berbatu, penuh lumpur, dan medan berat lainnya yang membutuhkan kontrol akselerasi dengan menjaga laju konstan di kecepatan rendah untuk memastikan mobil dapat melewatinya dengan aman dan nyaman serta mencegah pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan.

Fitur 4x4 lainnya adalah Downhill Assist Control (DAC) yang menahan speed kendaraan di kecepatan tertentu saat melewati jalan menurun yang licin atau rusak sehingga tidak meluncur ke bawah. Dengan begitu, mobil tetap dapat dikendalikan dengan baik dan mencegah potensi kecelakaan.

Selain itu, tipe GR-S sudah dilengkapi dengan Electronic Differential Lock di roda depan-belakang, sementara tipe VX-R memakai Torque Sensing LSD di roda belakang dan ditambah dengan Tire Pressure Monitor (TPM) pada semua tipe.

Tidak hanya perangkat 4x4 andal yang disematkan pada All New Land Cruiser, Premium SUV ini juga telah dilengkapi perangkat keamanan berkendara terbaik seperti rem dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist bersama 8-airbags. Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC).

Fitur-fitur keamanan berkendara aktif tersebut sudah tidak asing lagi di produk-produk Toyota di Indonesia.

Toyota Safety Sense pada All New Land Cruiser
Toyota Safety Sense (TSS) merupakan fitur safety penting yang disematkan pada beberapa model flagship Toyota di Indonesia, termasuk di semua tipe All New Land Cruiser. Berikut daftar fitur TSS yang diaplikasikan serta cara kerjanya:

1. Pre-Collision System (PCS)
Pre-Collision System (PCS) mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan objek di depan mobil seperti pejalan kaki. Jika sistem menilai adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi melalui visual dan suara sehingga dapat melakukan manuver menghindar atau pengereman.
Bahkan, di saat genting seperti kecelakaan yang tidak bisa terelakan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan fatal.

2. Lane Departure Alert (LDA)
Masih mengandalkan sensor kamera, Lane Departure Alert (LDA) mampu membaca marka jalan, kuning agar dapat memberikan peringatan dalam bentuk suara jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

3. Rear Camera Detection (RCD)
All New Land Cruiser juga dilengkapi dengan Rear Camera Detection (RCD) yang merupakan bagian dari TSS. Rear Camera Detection (RCD) akan memberikan peringatan kepada pengemudi ketika camera belakang mendeteksi adanya pejalan kaki, dengan menampilkan pedestrian detection indicator di monitor.

4. Adaptive High-Beam System (AHS)
Adaptive High-Beam System (AHS) membantu pengemudi dalam meningkatkan daya pandang di malam hari dan menekan efek silau yang berasal dari mobil yang bergerak dari arah berlawanan pada saat lampu jauh dinyalakan.

5. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
DRCC akan mengatur kecepatan mobil agar konstan sesuai pengaturan. Ketika di depan ada mobil lain, sistem akan mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman antar kendaraan. Namun bila mobil di depan mengerem, DRCC juga akan mengurangi kecepatan, bahkan hingga berhenti jika mobil di depan juga berhenti.
Ketika mobil di depan pindah lajur, maka DRCC akan menaikkan kecepatan kembali ke pengaturan awal.

T Intouch pada All New Land Cruiser
Untuk memberikan pengalaman konektivitas digital yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari, All New Land Cruiser didukung oleh fitur T Intouch. T Intouch merupakan teknologi telematika yang dapat menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA. Sehingga pelanggan dapat mengakses semua layanan Toyota di mana pun dan kapan pun.

T Intouch menjawab semua kebutuhan mobilitas masyrakat sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan safety, T Intouch menyediakan fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat posisi kendaraan. Fitur Geofencing mampu memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar jalur, untuk memastikan keamanan mobil setiap saat.

Khusus untuk pelanggan All New Land Cruiser, terdapat fitur baru lainnya seperti Stolen Vehicle Tracking untuk mengetahui posisi aktual kendaraan yang dibantu oleh call center Toyota guna memastikan keamanan mobil sepanjang waktu. Selain itu dilengkapi juga dengan Vehicle Info yang menyediakan informasi kondisi kendaraan dan notifikasi jika terdapat kendala.

Fitur T Intouch lainnya yang bisa memberikan peace of mind bagi pelanggan adalah fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur peringatan servis berkala. Selain itu ada fitur Inquiry & Support Center menawarkan asistensi langsung dari call center Toyota.

Terdapat juga fitur Trip Driving Update yang mampu merekam jarak dan waktu tempuh mobil selama perjalanan. Dan fitur Road Assistance menyediakan tombol SOS yang terhubung dengan call center Toyota agar mendapatkan penanganan lebih cepat.

Free Service
All New Land Cruiser dilengkapi dengan layanan purna jual yang untuk mempermudah perawatan kendaraan. Pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya servis berkala karena secara otomatis akan mendapatkan manfaat Program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh workshop resmi Toyota di Indonesia.

Color Options
Hero Color : Precious White*
- Gray Metallic
- Attitude Black Mica
- Precious White
- Dark Red Mica Metallic
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0