Sejarah Perjalanan Toyota Fortuner Mulai 2005 Hingga 2022

sejarah toyota fortuner

Otojatim.com - Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005, Fortuner hadir dengan DNA sebuah 7-seater SUV yang tangguh, tahan banting, dan mampu diandalkan. Salah satu yang menjadi daya tarik pada High SUV ini adalah penggunaan mesin dengan tenaga dan torsi yang begitu besar sehingga membuat siapapun yang berada di balik kemudi akan tersenyum bahagia.

Mulai dari mesin bensin, hingga hadirnya mesin diesel di tahun 2007 yang langsung disambut hangat oleh pelanggan yang menginginkan akselerasi Fortuner lebih responsif khas mesin diesel.

Melihat respons positif tersebut, mesin diesel tidak pernah absen dari keluarga Fortuner. Termasuk ketika generasi keduanya meluncur di tahun 2016. Tidak tanggung-tanggung, unit 2GD-FTV 2.393 cc VNT Intercooler yang dikenal berlimpah tenaga dan torsi datang menyapa penggemarnya.

Bermodalkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada putaran mesin serendah 1.600–2.000 rpm, Fortuner menawarkan pengalaman berkendara yang fun to drive.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan dan ekspektasi pengguna Fortuner berkembang. Banyak yang menginginkan performa Fortuner dapat ditingkatkan untuk menegaskan sosoknya sebagai SUV yang tangguh.

Oleh karena itu, PT Toyota-Astra Motor menghadirkan mesin 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler dengan tenaga dan torsi yang lebih powerful. Kehadiran mesin baru ini melengkapi opsi mesin diesel dan bensin yang sudah ada untuk memberikan pilihan lengkap untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang beragam.

Fortuner Generasi Pertama
Generasi pertama Fortuner didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand dengan mengadopsi ladder frame yang kokoh untuk memastikannya dapat bergerak di berbagai kondisi jalan. Keandalan ini membuat daya jelajah Fortuner begitu luas dan mendukung mobilitas penggunanya yang beragam.

Tidak heran jika pangsa pasar Fortuner saat itu begitu beragam dan tersebar ke banyak wilayah di Indonesia dengan kondisi geografis yang sangat variatif.
fortuner generasi pertama

Fortuner menggunakan mesin bensin 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i bertenaga 163 PS dan torsi 24,7 Kgm, dilengkapi opsi transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Fortuner kian dilirik karena memanfaatkan sistem penggerak 4x4 full time yang dikenal tangguh saat melalui medan off-road. Sistem penggerak ini bisa dipindahkan ke penggerak roda belakang 4x2 melalui tuas di sisi tuas transmisi.

Waktu itu pilihan tipenya adalah 2.7 G dan 2.7 V untuk 4x4. Fortuner sanggup memenuhi ekspektasi kalangan menengah perkotaan yang membutuhkan off-roader dengan kompetensi di jalan aspal tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Seiring dengan semakin diterimanya oleh pelanggan, Fortuner diproduksi secara Completely Knock Down (CKD) sejak September 2006. Hal ini sejalan dengan komitmen Toyota untuk melokalisasi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter konsumen di Indonesia.

Tahun 2007 merupakan salah satu momen sejarah yang dicatat dengan tinta emas oleh Fortuner dengan memasukkan opsi mesin diesel. Unit 2KD-FTV 2.494 cc D4-D bertenaga 102 PS dan torsi 26,5 Kgm dengan transmisi manual 5-speed langsung diterima dengan penuh sukacita oleh pelanggan.

Fortuner menyegarkan wajahnya di tahun 2008. Beberapa sentuhan ringan di sektor eksterior membuatnya tampak semakin gagah dan berkelas. Fortuner Di tahun 2009, Fortuner diesel memperoleh opsi transmisi otomatis 4-speed ECT.

Fortuner kembali menyegarkan wajahnya di tahun 2011. Grand New Fortuner, tampil dengan wajah yang lebih sporty dan dinamis tanpa menanggalkan sosok gagah dan tangguh.
fortuner VNT

Tidak berhenti di situ, Toyota kembali meningkatkan performa pada Fortuner dengan memperkenalkan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbocharger) atau akrab disebut turbo variabel pada tahun 2012. Dengan kapasitas mesin sama persis 2.494 cc, tenaganya mencapai 145 PS di 3.400 rpm dan torsi 34,4 Kgm di 1.600-2.400 rpm.

Tambah gagah dengan hadirnya air scoop di atas kap mesin sebagai pendingin intercooler.

Fortuner Generasi Kedua
Berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars, Toyota hadirkan Fortuner generasi kedua di tahun 2016. Menerapkan semangat Genchi Genbutsu atau “mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya”, Toyota meracik Fortuner yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di masa itu tanpa meninggalkan DNA-nya sebagai SUV yang tangguh dan dapat diandalkan.

Bahkan, Toyota memperkuat DNA tersebut dengan memasang all new engine yang lebih bertenaga berkode 2GD-FTV 2.392 cc dengan teknologi turbo variabel VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm di putaran serendah 1.600–2.000 rpm. Sematan transmisi otomatis 6-speed yang halus dan responsif benar-benar membuatnya terasa fun to drive dan cocok untuk berbagai aktivitas penggunanya.
fortuner generasi kedua

Desain Fortuner generasi kedua memiliki konsep “Keen Look” seperti model Toyota modern lainnya saat itu. Pada tipe SRZ dan VRZ, lampu utamanya menggunakan teknologi Bi- LED, plus DRL yang juga berteknologi LED. Di dalam kabin, tipe VRZ menghadirkan fitur electric seat untuk pengemudi dan bangku telah berlapis kulit berwarna coklat tua yang menampilkan kesan mewah. Sistem penyejuk kabin sudah digital dan double blower untuk kenyamanan seluruh penumpang.

Di tengah dashboard terdapat head unit layar sentuh 8 inci multimedia dengan kemampuan mirroring dan navigasi. Untuk tipe VRZ dan SRZ juga telah dilengkapi dengan layar monitor hiburan bagi penumpang belakang. Pengemudi dimanjakan oleh Multi Information Display (MID) dengan layar TFT berukuran 4,2 inci yang advance dan modern.

Penjualan Toyota Fortuner 2016 Naik 112 Persen

Terdapat fitur Smart Start Stop Button yang memudahkan untuk mengaktifkan dan mematikan mesin. Selain tuas paddleshift, kenyamanan berkendara diperkuat dengan sematan mode berkendara yang terdiri atas pilihan mode Eco, Normal, dan Power.

Dari sisi safety, seluruh bangku sudah ada seatbelt dan alarm untuk memastikan sabuk keselamatan depan terpasang, termasuk kehadiran dual dan knee airbags di depan. Rem ABS+EBD+BA bersinergi dengan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-start Assist untuk memberikan kemudahan manuver di jalan licin dan start di jalan menanjak.

Model 4×4 untuk melaju di medan off-road masih ada dan punya fitur pendukung seperti kontrol traksi, kontrol di jalan menurun, differential lock, trailer sway control, dan tambahan side & curtain shield airbags.

Fortuner Minor Change 2020
Adanya pandemi COVID-19 tidak menyurutkan langkah Toyota untuk menghadirkan pembaruan pada Fortuner di tahun 2020 agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam menunjang mobilitas sesuai dengan filosofi to make ever-better cars. Tentunya pembaruan ini meninggalkan DNA Fortuner sebagai SUV yang tangguh dan andal.

Toyota melakukan improvement pada eksterior Fortuner agar tampil kian prestisius dan tangguh dengan menyematkan desain baru pada bumper depan, grille, LED head lamp dan LED fog lamp, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

Sentuhan ini diberikan pada semua model, kecuali tipe TRD Sportivo yang mendapatkan dark garnish chrome.

Pada bagian samping, outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi, sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan tipe G, sedangkan Fortuner tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

Ditambah dengan aplikasi velg alloy 18 inchi baru di TRD Sportivo, Fortuner tampil semakin tangguh dan premium.

Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang sebelumnya sudah ada di TRD Sportivo, sudah dimanfaatkan juga oleh tipe SRZ dan VRZ. Kombinasi lampu belakang LED memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy.

Bumper belakang TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan aksen chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

Fortuner menggunakan bahan kulit hitam di interior, kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey. Fortuner tambah terlihat advance dengan penyematan meter cluster 4.2 inch, dilengkapi beberapa improvement seperti animasi TFT Opening, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Sentuhan modern pada area kokpit ini menguatkan excitement penggunanya.

Pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger (TRD Sportivo & 4x4 VRZ) yang memberikan kemudahan dan kepraktisan pada penumpang. Di depan, terdapat fitur Front Seat Power Adjuster (TRD Sportivo, VRZ, SRZ) berguna untuk mengubah posisi duduk kedua bangku depan secara otomatis, Head Unit with 9 Inch Screen Display dilengkapi fitur konektivitas Miracast (All Type), Smartphone Connection & NFC (TRD Sportivo, VRZ, SRZ) dan voice command. Rear Seat Entertainment with Illumination (TRD Sportivo, VRZ, SRZ), dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari.

Tidak hanya fitur kenyamanan, fitur safety pun turut disempurnakan. Fortuner mengadopsi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ dan G untuk membuatnya semakin mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk ketika manuver di medan berat.

Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua tipe. Khusus tipe VRZ 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4x4 dan G 4x4 dan model lain ada Dual Airbags dan Knee Airbag.

Selain itu, Fortuner juga dilengkapi fitur safety baru yaitu Surround Monitor yang terdiri dari Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety Fortuner.

Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi jika posisi Fortuner dinilai tidak aman saat menggunakan Surround Monitor.

Tidak ketinggalan, mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 Kgm juga memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Fortuner GR Sport 2021
Diperkenalkan sejak tahun 2019, deretan model TOYOTA GAZOO Racing mulai dari sports car GR Supra hingga sporty car Raize GR Sport telah mendapatkan apresiasi besar dari pelanggan di Indonesia. Bahkan, sports car GR Yaris yang tersedia dalam jumlah yang terbatas juga mendapat sambutan positif dari banyak pelanggan.

Memahami bahwa pelanggan di Indonesia memiliki ketertarikan terhadap produkproduk dengan karakter sporty yang kuat, Toyota perluas pilihan bagi pelanggan dengan menghadirkan produk-produk yang dibekali dengan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing, termasuk Fortuner GR Sport pada Agustus 2021.

Di sisi eksterior, SUV tangguh 7-seater yang dapat diandalkan di segala medan ini memancarkan aura sporty yang kuat berkat adanya sentuhan GR Side Sticker dan GR Grade Emblem. Sedangkan pada bagian fitur, Fortuner GR Sport dibekali dengan fitur Adaptable Auto A/C with Dual Zone yang menambah kenyamanan dalam berkendara.

Tidak berhenti di situ, Toyota kembali memperkuat aura sporty pada Fortuner GR Sport ke dalam interior pada November 2021. Sentuhan pertama yang diberikan adalah GR Opening (GR Sport) on Advanced 9” Head Unit Display (GR Sport, VRZ) yang memberikan visual sporty pada head unit ketika mesin dinyalakan.

Lebih lanjut, terdapat juga GR Engine Start/Stop Button yang membangkitkan semangat pengguna saat menghidupkan mesin. GR Steering Wheel juga dihadirkan untuk menambah sensasi berkendara yang fun to drive khas TOYOTA GAZOO Racing. Tidak berhenti di situ, GR Headrest Cover juga disematkan pada Fortuner GR Sport untuk melengkapi ciri khas tipe GR Sport.

New Fortuner 2022
Memasuki tahun 2022, pembangunan infrastruktur jalan semakin masif dan merata. Seperti jalan tol trans Jawa serta trans Sumatera dan trans Bali yang saat ini sedang dibangun. Kondisi ini membuat pelanggan ingin memiliki SUV yang lebih bertenaga untuk  dapat cruising di jalan antar kota dengan tenang, namun tidak kehilangan daya saat berjalan di perkotaan.

Bahkan, saat sesekali menikmati medan light off-road di rute pegunungan atau pantai.

Sebenarnya, berdasarkan hasil survey dan diskusi Toyota dengan pelanggan, dapat disimpulkan bahwa tenaga mesin 2GD yang dipakai oleh Fortuner saat ini sudah memadai. Bukan perkara sulit baginya saat dipacu di berbagai kondisi jalan untuk beragam kebutuhan.
fortuner 2022

Meski demikian, ada harapan bahwa Fortuner dapat menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang gemar mobil lebih bertenaga.

Apalagi, karakter khas mesin diesel Toyota yang responsif di putaran mesin rendah meningkatkan unsur fun to drive sehingga membuat pelanggan berada di balik kemudi.

Semakin menyenangkan jika mesin yang berlimpah torsi tersebut dipasangkan pada Fortuner yang menyandang badge GR Sport yang sporty. Belum lagi bila mesin tersebut disandingkan dengan penggerak 4x4 yang sudah terbukti andal dan tangguh, bahkan menjadi DNA SUV Toyota sejak lama.

Download Brosur New Fortuner 2.800 cc

Untuk menjawab kebutuhan ini, Toyota memperkenalkan New Fortuner yang kini dibekali dengan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Mesin 2GD-FTV 2.393 cc VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya, termasuk pasangan transmisi otomatis 6-speed dengan rasio gigi yang sama. Meski begitu, rasio final gear keduanya berbeda, di mana mesin 2GD memiliki rasio gigi akhir 4,100:1, sedangkan mesin 1GD memiliki rasio gigi akhir lebih kecil yaitu 3,909:1.

Dari sini terbaca selisih tenaga dan torsi yang cukup besar antara mesin 2GD dan mesin 1GD. Bedanya lebih dari 36% untuk tenaga dan sekitar 25% untuk torsi. Hasilnya adalah figur akselerasi yang terpaut cukup jauh antara keduanya.

Catatan menunjukkan akselerasi 0 – 100 km/jam mesin 2GD adalah 14 detik, sedangkan mesin 1GD hanya 11,9 detik. Sementara untuk akselerasi 60 – 80 km/jam, mesin 2GD membutuhkan waktu 3,7 detik dan mesin 1GD hanya 2,8 detik.

Fortuner Legender

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan karakter halus khas mesin bensin, Toyota masih mempertahankan mesin berkode 2TR. Mesin bensin 2.694 cc dengan teknologi Dual VVT-i tersebut menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm. Meskipun beda engine, transmisi mesin 2TR sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan rasio transmisi 6-speed Sport Sequential Switchmatic. Bedanya, final gear mesin 2TR paling besar yaitu 4,555:1.

Selain menghadirkan mesin baru yang lebih bertenaga, Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4x4).

Sebagai flagship, tipe 4x4 GR Sport yang memakai mesin diesel 1GD dilengkapi dengan fitur Easy 4x4 Switch untuk kemudahan pemilihan sistem penggerak 4x4, serta fitur Downhill Assist Control (DAC) yang menjaga laju mobil supaya mudah dikendalikan dan tidak tergelincir ketika melewati turunan terjal, licin, atau berlumpur.

1. Daftar Line-up New Fortuner 2022
  • 4x4 2.8 GR Sport A/T - 1GD
  • 4x2 2.8 GR Sport A/T - 1GD
  • 4x2 2.8 VRZ A/T- 1GD
  • 4x2 2.7 GR Sport A/T - 2TR
  • 4x2 2.4 GR Sport A/T - 2GD
  • 4x2 2.4 VRZ A/T - 2GD
  • 4x2 2.4 G A/T - 2GD
  • 4x2 2.4 G M/T - 2GD


2. Pilihan Warna New Fortuner 2022
  • Super White
  • Silver Metallic
  • Dark Gray Mica Metallic
  • Attitude Black (Hero Color)
  • Phantom Brown Metallic
LihatTutupKomentar