iklan castrol

Syarat dan Ketentuan Garansi Resmi Mobil Toyota, Begini Cara Klaim di Bengkel Resmi

Mobil baru Toyota dengan garansi resmi dari dealer

Otojatim.com - Salah satu keunggulan dalam membeli mobil baru Toyota adalah adanya garansi resmi yang melindungi mobil dari kerusakan. Melalui jaringan dealer resmi Toyota, pelanggan dapat memperoleh perbaikan atau penggantian komponen yang rusak secara gratis sesuai dengan skema yang berlaku.


Toyota berkomitmen untuk memberikan ketenangan kepada pelanggan dengan menawarkan program garansi gratis. Namun, penting bagi pelanggan untuk memahami syarat dan ketentuan agar klaim garansi dapat diterima.


Pengertian Garansi Mobil

Garansi mobil adalah jaminan tertulis dari produsen mengenai kualitas produk dan tanggung jawab untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma akibat masalah desain atau produksi yang ditemukan pada kendaraan. Masa berlaku garansi mengikuti syarat dan ketentuan dalam buku servis atau pemberitahuan khusus dari produsen mobil.


Masa Berlaku Garansi Mobil Toyota

Garansi mobil Toyota berlaku selama 3 tahun atau 100.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu, mulai dari tanggal penyerahan mobil ke pelanggan. Untuk baterai, garansi berlaku selama 1 tahun atau 20.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Sementara itu, untuk baterai mobil hybrid Toyota, garansi berlaku selama 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Garansi ban diatur terpisah oleh produsen ban.


Syarat Berlakunya Garansi

Pemilik mobil Toyota harus merawat mobil sesuai buku pedoman pemilik dan buku garansi Toyota. Servis berkala wajib dilakukan di bengkel resmi Toyota, dimulai dari servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama, dan dilanjutkan setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan. Garansi dapat diklaim jika kondisi mobil dan rekaman perbaikan tercatat dengan baik, serta bukti pelaksanaan servis berkala disimpan dengan baik untuk ditunjukkan saat klaim kerusakan.


Perpindahan Kepemilikan Kendaraan

Garansi tetap berlaku jika pemilik baru melanjutkan kewajiban servis berkala di bengkel resmi Toyota dan menunjukkan bukti servis berkala tersebut kepada petugas klaim garansi. Pemilik baru juga harus melaporkan kepemilikan barunya kepada dealer resmi Toyota untuk menjamin kelanjutan sisa masa garansi.


Kondisi Garansi Tidak Berlaku

Tidak semua komponen mobil Toyota ditanggung oleh garansi. Berikut adalah kondisi yang menyebabkan garansi tidak berlaku:

  1. Kerusakan akibat modifikasi, penggunaan suku cadang non-original, kecelakaan, atau penggunaan yang tidak semestinya.
  2. Faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol oleh pabrik.
  3. Kesalahan perawatan atau penggunaan bahan bakar, oli, dan cairan lainnya yang tidak sesuai.
  4. Biaya jasa untuk pekerjaan pre-delivery dan servis berkala.
  5. Bahan dan komponen yang termasuk dalam servis berkala.
  6. Bunyi, getaran, dan perubahan bentuk yang tidak normal.
  7. Biaya tambahan.
  8. Perubahan odometer.
  9. Pemilik kendaraan tidak melaksanakan servis berkala gratis selama periode garansi.


Cara Klaim Garansi di Bengkel Resmi Toyota

Untuk mengklaim kerusakan, bawa mobil Toyota beserta buku garansi ke bengkel resmi Toyota terdekat. Service advisor akan mengevaluasi klaim garansi. Jika klaim memenuhi ketentuan, workshop akan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.


Garansi Komponen

Toyota juga memberikan garansi atas komponen yang diganti selama 12 bulan atau 20.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Klaim garansi komponen akan dikabulkan jika pembelian dan pemasangan dilakukan di bengkel resmi Toyota. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi