iklan castrol

Blind Spot Bisa Bikin Repot, Toyota Kasih Solusi Lewat Fitur-fitur Ini

  • Blind spot atau titik buta bisa menjadi sumber masalah jika pengemudi lengah. Demi meningkatkan keamanan baik untuk pengemudi dan pengguna jalan, Toyota menyematkan fitur-fitur canggih ini pada mobil-mobil terbarunya.


Otojatim.com - Semua kendaraan, baik mobil, motor, bus, truk, dan sebagainya, pasti memiliki blind spot atau titik buta. Ini karena adanya keterbatasan sudut pandang, yang tidak bisa dihindari meski menggunakan kaca spion sekalipun.

Area yang terlalu dekat dengan mobil, terutama bagian depan bawah dan belakang bawah mobil, merupakan blind spot pengemudi, apalagi untuk mobil sekelas SUV dan MPV yang tinggi.

Menyadari pentingnya hal ini untuk disiasati demi meningkatkan keamanan bagi pengemudi dan pengguna jalan, Toyota menghadirkan beberapa fitur canggih dan modern pada mobil-mobil terbarunya.

Memang, tidak ada jaminan blind spot hilang, namun dapat meningkatkan kewaspadaan sekaligus memudahkan saat bermanuver di jalan.

Berikut beberapa fitur safety dari Toyota yang dapat membantu pengemudi mengurangi risiko masalah akibat blind spot.

Front and Rear Clearance Sonar
Ini merupakan fitur keamanan paling basic yang ada di semua mobil penumpang Toyota. Sensor ini berfungsi saat parkir, yakni dengan memberikan notifikasi untuk mencegah benturan.


Blind Spot Monitor (BSM)
Sinyal dari fitur ini akan memberi tanda melalui spion luar saat ada mobil lain masuk ke dalam area blind spot mobil. Lampu akan beekedip jika Anda mengaktifkan lampu sein atau menggerakkan setir untuk pindah lajur ke sisi yang ada mobil lain tersebut.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Fitur sangat berguna saat memundurkan mobil untuk keluar parkir. Menggunakan radar yang sama dengan milik fitur Blind Spot Monitor, mobil akan memberitahukan jika ada mobil lain atau orang bergerak memotong lintasan mundur Anda.

Panoramic View Monitor
Dengan fitur ini, pengemudi dapat memantau sekeliling kendaraaan melalui layar sistem navigasi, seolah-olah kendaraan itu transparan. Sangat memudahkan ketika manuver di medan jalan yang sempit, seperti ketika parkir.


Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB)
Dengan mengandalkan sensor kamera stereo, fitur ini dapat mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Jika ada kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi untuk melakukan manuver menghindar. Jika terdeteksi potensi kecelakaan yang tak dapat dihindari, fitur ini secara otomatis akan mengerem.


Fitur Mengurangi Blind Spot pada BEV Toyota bZ4X

Toyota bZ4X merupakan salah satu varian yang dibekali fitur-fitur safety terkini. Selain BSM dan RCTA, Safe Exit Assist (SEA), yakni fitur alarm pendeteksi bahaya saat akan membuka mobil, juga telah disematkan.

Tak hanya itu, ada pula Rear Camera Detection (RCD) yang mendeteksi pergerakan pejalan kaki di belakang mobil, dan dapat secara otomatis mengerem jika dibutuhkan.

Tak ketinggalan Parking Support Brake (PSB) yang dapat mendeteksi obyek tidak bergerak saat mobil parkir mundur dan melakukan pengereman ketika dinilai tidak aman. Fitur ini juga ada pada All New Voxy.

Toyota bZ4X juga dibekali fitur Vehicle Approach Notice untuk memperingatkan pengemudi jika ada pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan. Fitur ini terdapat juga di All-New Kijang Innova Zenix Q HEV dan V HEV.

Perlu diingat, tidak semua mobil Toyota memiliki fitur di atas. Tanyakan dulu pada service advisor bengkel resmi Toyota atau baca buku manual kendaraan untuk informasi lebih lengkap.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi