10 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui di Mobil Anda Wahai Pemilik Toyota Calya

Fitur Toyota Calya

Otojatim.com - Diciptakan sebagai mobil murah (tapi bukan murahan) di kelas MPV LCGC (Multi Purpose Vehicle - Low Cost Green Car), pasti masih saja ada hal yang tidak Anda ketahui bila Astra Toyota Calya mempunyai fitur tersebunyi?

Apa sajakah itu? Ini dia 10 hal dan tips yang mungin belum Anda ketahui tentang Toyota Calya:

1. Dua Pairing Bluetooth
Ketika kebanyakan kompetitor belum tentu ada fitur Bluetooth, Calya tipe G sudah memiliki audio yang bisa dipairing dengan dua device Bluetooth smartphone sekaligus.

Caranya gampang, Bluetooth dari head unit akan langsung terdeteksi oleh smartphone ketika dinyalakan. Cukup klik tombol di tengah di audio untuk konfirmasi pairing. Setelah smartphone pertama tersambung, maka secara otomatis head unit akan kembali mencari satu device lagi, nah kembali hubungkan dengan smartphone yang lainnya.

Untuk mengganti device Bluetooth mana yang akan digunakan streaming media, klik tombol bergambar Bluetooth.

dashboard Toyota Calya
Dasbor dan Audio Toyota Calya
2. One Touch Triple Turn Signal
Seperti mobil yang kelasnya lebih tinggi, Calya dilengkapi fitur One Touch Triple Turn Signal. Sesuai namanya, cukup sentuh ringan tuas lampu sein sekali, maka secara otomatis lampu sein akan berkedip sebanyak tiga kali, yang sangat memudahkan ketika akan berpindah jalur di jalan raya.

Hal ini termasuk spesial. Karena yang lebih mahal seperti Rush, Yaris dan Sienta belum dilengkapi fitur ini.

3. Klip Karpet

Di posisi pengemudi, karpet pelapis lantai Toyota Calya dilengkapi dengan klip penjepit. Fungsinya agar karpet tidak goyang supaya tidak kabur kemana-mana karena polah kaki sang pengemudi.

Cukup putar kedua klip ke arah horizontal untuk bongkar pasang karpet, selanjutnya putar ke arah vertikal untuk menguncinya.

4. Wiper Belakang Menyala Otomatis
Maksudnya bukan menyala otomatis ketika hujan turun, tetapi saat mau mundur ketika transmisi dimasukkan ke R. Memang tidak akan langsung menyala begitu saja, tapi kita harus terlebih dahulu mengaktifkan wiper depan, barulah saat mundur nanti wiper belakang otomatis beroperasi.

Jadi setiap hujan turun dan wiper depan sedang posisi aktif, kita tak perlu lagi mengaktifkan wiper belakang secara terpisah karena akan ikut juga menyala saat tuas transmisi dipindah ke R.

5. Semi Intermittent Front & Rear Wiper
Di level harga ini, kadang ada mobil yang tak diberi wiper belakang untuk menghemat biaya. Berbeda dengan Calya, yang sudah mengadopsi wiper depan dan belakang berbagai level.

Tak hanya dapat diaktifkan secara konstan, ada juga opsi intermittent atau jarak waktu tertentu di antara wiper aktif, namun kami sebut semi intermittent karena gap tersebut tidak bisa diubah (1 mode). Oh ya, semi intermittent wiper ini juga tersedia untuk wiper belakangnya lho.

6. Tidak Ada Auto Up
Meskipun tombol pembuka jendela di posisi pengemudi bertuliskan ‘A’, ternyata ini hanya berfungsi untuk auto down atau otomatis turun secara penuh dengan satu sentuhan. Tidak ada auto up, jadi tombol masih harus tetap ditahan sampai jendela kembali tertutup penuh.

7. Letak Dongkrak
Letak dongkrak Calya bukan di belakang, bukan di ban serep tapi ternyata ada di bawah jok penumpang depan.

Cara mengambil dongkrak cukup mudah, majukan jok penumpang depan hingga mentok, kemudian tarik bagian samping dongkrak dan ketika sudah terlepas, keluarkan dari dudukannya.

8. Cara Menurunkan Ban Serep Calya
Calya punya bagasi dengan load lip yang rata dengan lantai bagasi, lalu dimana kah ban serepnya? Coba intip kolong belakang.

Cara menurunkan ban serep Calya, pergunakan kunci yang disediakan di belakang posisi awal dongkrak, kemudian putar ke kiri baut yang terletak di sebelah kanan bibir bagasi. Setelah ban serepnya turun, keluarkan ban dari dudukannya.

9. Panic Mode
Aktifkan Panic Mode Toyota Calya Hanya Gunakan Di Saat Darurat. Sesuai dengan namanya, gunakan mode ini untuk mengaktifkan alarm ketika dalam kondisi panik seperti mobil sedang dihampiri maling.
Caranya, cukup tekan tombol ‘LOCK’ pada remote kunci sebanyak 3 kali.

10. Lampu Otomatis Mati
Ketika kita lupa untuk mematikan lampu mobil di malam atau siang hari, kemudian tak sadar keluar dari mobil dan akhirnya membiarkan aki tersedot lampu seharian? Tenang saja, tidak akan demikian di Toyota Calya, karena lampu akan secara otomatis mati ketika Anda mencabut kunci, bahkan ketika tuas lampu pada posisi menyala. Aman kan?
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi