GR Yaris AP4 Berhasil Bawa Tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Sabet Juara Nasional

 


Malang, Otojatim.com - Seakan tak mau berpuas diri dengan capaian divisi balap Touring dan Slalom yang terus meraih podium, divisi balap Rally TGRI sukses meraih juara pertama di kelas paling bergengsi yaitu M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 yang berlangsung di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur pada 21 – 24 Juli 2022 lalu.

“Selamat pada seluruh pembalap dan tim TGRI. GR Yaris yang notabene lahir dari ajang balap rally dunia WRC, dapat mendukung tim TGRI di seri pembuka Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 dengan sangat membanggakan," ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM)

"Dengan DNA motorsport GAZOO Racing yang terus melakukan continuous improvement demi hasil terbaik, ditambah performa prima dari GR Yaris, kami yakin tim TGRI dapat meraih gelar juara nasional,”  tambahnya.


GR Yaris AP4 mampu membawa pereli Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat sangat cepat sejak start.

Hot hatchback ini terbukti mumpuni dalam mendukung pereli TGRI saat melibas trek gravel yang menantang sepanjang 5,2 km dengan memberikan handling dan performa mesin yang sangat baik hingga meningkatkan rasa percaya diri pereli.

Di putaran pertama (23/7), tim TGRI meraih catatan waktu tercepat yakni 04:43.7 di Special Stage 1 (SS1) dan 04:34.5 di Special Stage 2 (SS2).

Capaian ini berlanjut ke putaran kedua keesokan harinya (24/7), dimana Ryan dan Adi mampu mencatatkan waktu tercepat 04:27.3 di SS1 dan 04:24.4 di SS2 yang kemudian membawa TGRI menduduki juara pertama.



“Bangga sekali di musim perdana ini, saya dan Adi bersama dengan tim TGRI, kami dapat meraih juara pertama di putaran 1 & 2 Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022,"  kata pembalap TGRI Ryan Nirwan.

"Terima kasih atas dukungan penuh dari  tim TGRI, mulai dari proses development GR Yaris AP4 sampai sepanjang proses balapan berlangsung, sehingga kami dapat menaklukan track sepanjang 5,2 km yang sangat menantang," tambahnya.


Spesifikasi GR Yaris AP4

Sesuai dengan regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Maka dari itu, modifikasi  GR Yaris dilakukan di hampir di semua bagian.

Penggunaan kap mesin dan pintu bagasi menggunakan bahan fiberglass, spion 3D printing dibuat ringan, begitu juga ventilasi pada kap mesin dan atap yang bobotnya diperingan. Sementara komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada keempat roda agar udara dapat dialirkan dengan baik dan sekaligus memberikan kesan agresif. 


Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah ditambahkan demi meningkatkan downforce.

Suspensi depan dan belakang juga mengalami modifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar mampu bermanuver dengan baik.

GR Yaris AP4 juga sudah dilengkapi exhaust manifold khusus, serta turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan lewat girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan, serta sistem AWD menggunakan locked centre differential yang dapat membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

“GR Yaris AP4 dikembangkan oleh TGRI didukung oleh jaringan TGR Australia (TGRA) yang berpengalaman dalam menghadirkan mobil reli yang tangguh dan andal,"  kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

"Pengembangannya mengusung konsep reverse engineering sehingga dapat memenuhi homologasi ajang WRC. Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI meraih gelar juara nasional tahun ini,” tutupnya.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi